DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Olimpiade Paris 2024: Hajar Prancis, Amerika Serikat Raih Emas Basket

image
Stephen Curry, LeBron James dan Kevin Durant berphoto bersama dengan medali emas yang mereka raih usai kalahkan Prancis di final basket Olimpiade Paris 2024 (x.com/teamUSA)

SPORTYABC.COM – Tim basket Amerika Serikat sukses meraih emas cabor basket putra di ajang Olimpiade Paris 2024 usai kalahkan Prancis di final Minggu 11 Agustus 2024 dinihari WIB.

Final basket putra Olimpiade Paris 2024 antara Amerika Serikat melawan Prancis berlangsung di Accor Arena, Paris

Amerika Serikat akhirnya tampil perkasa dan tuntaskan perlawanan Prancis dengan kemenangan 98-87. Bintang Golden State Warriors, Stephen Curry tampil menggila dengan menyumbangkan poin terbanyak dengan 24 angka untuk Amerika Serikat.

Baca Juga: Berjasa bagi Indonesia, Jokowi Berikan Golden Visa kepada Shin Tae yong

Sementara poin Prancis paling banyak di cetak oleh Victor Wembanyama dengan catatan 26 angka.

Dengan hasil ini membuat, Amerika Serikat melajutkan tradisi medali emas mereka di lima Olimpade secara berturut turut.

Pada pertandingan final basket putra Olimpiade 2024, Amerika Serikat dan Prancis sempat berbalik unggul di awal-awal laga kuarter pertama.

Baca Juga: Pilpres Amerika Serikat 2024: Survei Terbaru, Donald Trump Unggul Atas Kamala Harris

Namun akhirnya Amerika Serikat mampu menutup kuarter pertama dengan keunggulan 20-15.

Walau menang dan selalu unggul lepas lim amenit pertam di kuarter kedua, Amerika Serika tidak dalam keadaan santai ketika bermain. Prancis terus menekan dan berupaya memperkecil keadaan hingga di tiga menit terakhir.

Bukan karena menyerah namun segala daya Prancis dihentikan oleh pemain Amerika Serikat bernama Stephen Curry.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Sisakan Gregoria di Semifinal, Kinerja Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna di Sorot

Stephen Curry cetak 12 angka dari 16 poin Amerika Serikat di tiga menit terakhir, jumlah itu bahkan lebih banyak dari keseluruhan Prancis yang mencetak hanya 10 poin di periode yang sama.

Bahkan gilanya lagi, Stephen Curry mencetak 12 poin dengan tembakan sempurna 4/4 tripoin. Stephen Curry menutup gim kedua dengan 24 poin hasil dari 8/12 tripoin plus 5 asis.

Stephen Curry total masukkan 17 tripoin dalam dua laga terkahir jumlah terbanyak dalam kurun dua gim sepanjang sejara Olimpiade, dan mungkin ini adalah Olimpiade pertama Stephen Curry dan mungkin yang terakhir.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Kementerian Keuangan Pastikan Medali Emas Veddriq dan Rizki Tidak Kena Bea Masuk

Sebelum Stephen Curry ‘on fire’ Amerika Serikat masih bergantung dengan para veteran mereka yaitu LeBron James yang menutup gim dengan dobel dobel 14 poin, 6 rebound, 10 asis dari 6/10 tembakan

Denga usia 39 tahun Emas Olimpiade Paris 2024 adalah yang ketiga sepanjang memperkuat basket Amerika Serikat , sebelumnya meraih di Beijing 2008 dan London 2012.

Kemudian duo asal Phoenix Suns, Kevin Durant dan Devin Booker masing masing menyumbang 15 poin untuk Amerika Serikat.

Baca Juga: BRI Liga 1: Brace David da Silva Pecundangi PSBS Biak

Bagi Durant ini adalah emas Olimpade Keempatnya, dirnya tidak pernah absen sejak gelara 2012 dan total hanya kalah sekali atas Prancis di gim pembuka Olimpade Tokyo 2020.

Kevin Durant juga menutup Olimpiade Paris 2024 ini sebagai top skor sepanjang masa Amerika Serikat baik putra maupun putri.

Perlawanan Prancis yang dipimpin oleh dua nama yang memang menjadi poros utama Prancis sepanjang Olimpiade 2024 ini, Victor Wembanyama dan Guerschon Yabusele. 

Baca Juga: Fadil Imran Resmi Jadi Ketum PBSI, Pasang Target Emas di Olimpiade 2028

Victor Wembanyama memimpin tim dengan 26 poin dan 7 rebound dari 11/19 tembakan. Yabusele menambahkan 20 poin melalui 6/14 tembakan. Tambahan 12 poin datang dari veteran, Nando De Colo. 

Ini adalah emas ke-17 Amerika Serikat di basket putra Olimpiade dari 21 penyelenggaraan. Bagi Prancis, ini jadi perak kedua mereka secara beruntun di dua gelaran Olimpiade terakhir. Prancis sudah ke final Olimpiade empat kali dan seluruhnya kalah atas Amerika Serikat. ***
 

Sumber: Olympics.com

Berita Terkait