DECEMBER 9, 2022
News

Massa Tolak RUU PIlkada Jebol Pagar Gedung DPR

image
tangkapan live instagram, pintu belakang Gedung DPR RI jebol oleh mahasiswa Trisakti Jakarta (Instagram.com/Kepresmausakti)

SPORTYABC.COM – Para demontrasn penolak Revisi Undang Undang atau RUU Pilkada berhasil menjebol salah satu tembok gedung DPR RI di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Kamis 22 Agustus 2024.

Berdasarkan siaran langsung yang disiarikan oleh televisi nasional aksi penjebolan tersebut disaat situasi di luar gedung DPR RI sudah mulai memanas.

Berawal dari para demonstran tanpa jaket almamater kamps ini berhasil menyingkarkan kawat penghalau yang dipasang oleh petugas kepolisian.

Baca Juga: Berjasa bagi Indonesia, Jokowi Berikan Golden Visa kepada Shin Tae yong

Namun pada demonstran tetap berupaya merangsek ke dalam dengan menjebol pagar sisi kanan gedung DPR RI.

Namun tak berselang lama, para demonstran ini berhasil merobohkan pagar gedung DPR, usai pagar jebol sejumlah demonstran merangsek ke bagian dalam pagar area komplesk Parlemen.

Untuk menjaga situasi supaya tetap kondusif, para aparat pun berupaya membangun komunikasi dengan para demonstran tersebut.

Baca Juga: Terkait Insiden Paskibraka Buka Jilbab Saat Dikukuhkan Jokowi, Kepala BPIP Minta Maaf

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, rapat paripurna pengesahan revisi UU Pilakada pada Kamis 22 Agustus 2024 pagi WIB ditunda digelar karena peserta yang hadir hanya 89 anggota dewan dari 500 lebih anggota dewan yang terpilih.

Terkait rapat paripurna, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa rapat paripurna tidak mungkin digelar pada hari ini juga.

Dirinya beralasan, ada mekanisme yang harus ditempuh untuk tentukan kapan rapat paripurna bakal digelar kembali, yakni melalui rapat pimpinan (rapim) dan Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

Baca Juga: 5 Lukisan Denny JA Spesial HUT ke – 79 RI: Tegakkan Merah Putih Itu

“Ya kalau sidang hari ini kita tunda, kita ada mekanisme. Nanti kan harus dirapimkan lagi, dibamuskan lagi,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Hingga berita ini dipublikasikan demonstrasi di komplek Parlemen masih terus berlangsung bahkan kabarnya pintu belakang Gedung DPR RI berhasil dirobohkan oleh mahasiswa Trisakti. ***

Berita Terkait