DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Lawan Australia, Timnas Indonesia Kenakan Jersey Putih

image
Timnas Indonesia ketika mengenakan jersey putih (x.com/TimnasIndonesia)

SPORTYABC.COM – Timnas Indonesia dipastikan akan mengenakan jersey putih ketika melawan Australia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kepastian timnas Indonesia kenakan jersey putih ini disampaikan oleh manajer timnas Indonesia, Sumardji pada Senin 9 September 2024 usai diambil secara matang lewat diskusi dengan BTN, Erick Thohir dan Shin Tae yong.

"Iya besok kita pakai jersey putih," kata Sumardji dilansir SportyABC.com dari laman Tribunnews.com.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Australia Rilis 24 Pemain Lawan Bahrain dan Indonesia, 19 Diantaranya dari Liga Eropa

"Keputusan ini diambil setelah hasil diskusi dengan Pak Ketum, Shin Tae-yong dan BTN," tambahnya.

Konfirmasi ini sekaligus menjadi jawaban dari pertanyaan media pada sehari sebelumnya yang menanyakan ke Sumardji mengenai warga jersey yang akan dipakai dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ketika itu, Sumardji menjawab dirinya akan berdiskusi dulu kepada Erick Thohir dan Shin Tae yong.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Mengenal Stadion Utama Gelora Bung Karno yang Membuat Tim Lawan Merinding Memasukinya

"Malam ini saya akan lapor ke Pak Erick Thohir untuk menanyakan instingnya apa yang terbaik," kata Sumardji pada hari Minggu (8/9/2024).

"Saya akan menanyakan jersey apa yang terbaik untuk timnas Indonesia."

"Kenapa saya nanya itu karena ini bagian dari ritual yang harus kami jalankan," tambahnya.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Maarten Paes Debut dan Tampil Gemilang, Timnas Raih Satu Poin di Jeddah

Dan ternyata sudah dikonfirmasi bila jersey putih timnas Indonesia akan kembali dipakai ketika melawan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tuah dari jersey putih ini diyakini membuat timnas Indonesia memakai warna yang berarti suci ini untuk laga pada hari ini.

Kalau melihat catatan SportyABC.com, sepanjang 2024 timnas Indonesia sudah jalani 10 laga resmi 4 di antaranya mengenakan jersey putih.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Imbang Lawan Saudi Arabia, Timnas Indonesia Mendapat sorotan Media Vietnam dan Malaysia

Ketika mengenakan jersey putih, pasukan timnas Indonesia tidak pernah kalah dengan rincian 3 kemenangan dan sekali imbang.

"Kalau warna putih kan kelihatan lebih elegan," kata Sumardji.

"Selain itu, putih kan juga gagah pemberani," imbuhnya.

Baca Juga: Ini Dia Juara Lomba Swafoto di Depan Lukisan Denny JA dalam Rangkaian Festival Toleransi Indonesia 2024

Sementara itu pelatih timnas Indonesia, Shin Tae yong sendiri juga percaya dengan jersey putih bisa membuat pemain sedikit kekar.

Selain itu, dalam cuaca panas yang melanda Jakarta dalam beberapa hari terakhir ini warna putih juga menyerap keringan tidak gampang gerah.

"Kenapa saya memilih jersey putih karena memang putih membuat postur tubuh kelihatan lebih besar," kata Shin Tae-yong pada Juni 2024 lalu.

Baca Juga: Berziarah ke Borobudur, Denny JA Terhubung ke Masa Silam

"Dengan cuaca panas saat ini, lebih enak memakai jersey putih daripada merah," katanya ***
 

Berita Terkait