DECEMBER 9, 2022
Olahraga

wow, Bonus Peraih Medali Emas Olimpiade Rp6 Miliar, Perunggu Rp1,65 M

image
Sejumlah atlet dari dua cabang olahraga yang tampil di Olimpiade Paris tiba di Tanah Air melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

SPORTYABC.COM – Menpora Dito Ariotedjo beberka besaran bonus yang akan diterima peraih medali buat Indonesia di ajang Olimpidae Paris 2024

Indonesia sendiri di ajang Olimpiade Paris 2024 meraih tiga medali yaitu Medali Emas diraih Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah, serta medali perunnggu didapatkan oleh Gregoria Mariska Tunjung.

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan bahwa peraih medali emas akan mendapatkan bonus Rp6 miliar sebagaimana dikatakan oleh Presiden Joko Widodo, sementara peraih medali perunggu mendaptkan bonus Rp1,65 miliar.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: WHO Laporkan Lebih dari 40 Atlet Positif Covid19

Selain atlet, sang pelatih mereka yang berkontribui masing masing cabang olahraga juga akan mendapatkan bonus, dimana pelatih peraih emas mendapatkan Rp2,75 miliar dan medali perunggu menerima 675 juta.

"Mungkin saya mau menambahkan terkait dengan bonus. Tadi kebetulan ada pertanyaan, tadi Bapak Presiden sudah mengumumkan tadi kebetulan bersama saya di sore-sore di IKN yang untuk emas mendapatkan Rp6 miliar.” 

“Untuk perunggu [atlet] 1,650 miliar. Bonus 2,750 [miliar] untuk pelatih yang emas," ucap Menpora saat menyambut kepulangan dua atlet peraih medali emas Olimpiade 2024 di Gedung VVIP Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa 13 Agustus 2024 malam.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Media Amerika Soroti Kekuatan Rizki Juniansyah dalam Angkat Beban

"Insya Allah nanti kita tambahkan lah. Dari BUMN tambahin ya. Iya, pelatih emas 2,750 [miliar]. Pelatih perunggu 675 [juta]. Itu bonus dari Bapak Presiden. Dan untuk seluruh atlet dan pelatih yang tidak menerima medali, ini dalam bentuk apresiasi dan bentuk komitmen pemerintah dalam Olimpiade, kami kasih bonus juga. Bonusnya segera diumumkan. Bonusnya pasti untuk jalan-jalan berlebihan. Ini bentuk apresiasi," katanya melanjutkan.

Pada Olimpiade Paris 2024, kontingen Indonesia meraih dua medali emas dan satu perunggu, berkat tiga medali ini Inodnesia tempati peringkat 39 dari 206 negara peserta dan peringkat dua di kawasan ASEAN.

Rizki Juniansyah adalah peraih medali emas cabang angkat besi nomo 73kg putra. Ini adalah emas pertama Indonesia dari cabang olahraga angkat besi selain sebelumnya selalu mendapatkan perak dan perunggu.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Media Malaysia Soroti Ritual Rizki Juniansyah Sebelum Bertanding

Sementara Veddriq Leonardo adalah peraih medali meas cabang olahraga panjang tebing nomor spesd putra.
Sama halnya dengan angkat besi, ini adalah medali emas pertama Indonesia dari cabang olah raga panjat tebing. ***

Berita Terkait