DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Tidak Mau Kalah dengan Indonesia dan Vietnam, Laos Tunjuk Ha HyeokJun sebagai Pelatih Timnas

image
Ha Hyeokjun, Pelatih timnas Laos yang baru direkrut oleh Federasi Sepak Bola Laos (Laoff.org.la)

SPORTYABC.COM – Seakan tidak mau kalah dengan Indonesia dan Vietnam, Laos pun memutuskan menggunakan jasa pelatih asal Korea Selatan untuk melatih timnas negara mereka khusus untuk senior dan U23.

Federasi Sepak Bola Laos (LFF) pada hari ini resmi menunjuk pelatih asal Korea Selatan Ha Hyeokjun sebagai pelatih timnas Laos senior dan U23.

Pengumuman kedatangan Ha Heokjun sebagai pelatih timnas Laos disamapaikan LFF melalui laman resmi federasi mereka dan akun media sosial pada hari ini Rabu 14 Agusutus 2024

Baca Juga: Berjasa bagi Indonesia, Jokowi Berikan Golden Visa kepada Shin Tae yong

"Pada 14 Agustus 2024, Federasi Sepak Bola Nasional Laos mengumumkan pengangkatan Ha Hyeokjun asal Republik Korea berusia 54 tahun untuk mengambil peran sebagai pelatih baru tim nasional Laos yang akan mengawasi tim nasional Laos dan tim nasional Laos yang berusia di bawah 23 tahun," tulis LFF.

"Tugas utama Ha Hyeokjun adalah mempersiapkan tim nasional Laos untuk Piala AFF 2024 dan kualifikasi Piala Asia 2027," tulis LFF menambahkan.

Lalu siapakah Ha Hyeokjun ? pelatih ini lahir di Busan, Korea Selatan pada 27 Januari 1970 dan berusia 54 tahun.

Baca Juga: ASEAN Cup U19 2024: Libas Malaysia, Timnas Indonesia Tantang Thailand di Final

Ha Hyeokjun saat ini pegang lisensi kepelatihan AFC Pro. Sepanjang kariernya Ha Hyeokjun pernah bekerja di Federasi sepak bola Korea (KFA) pada 2009 hingga 20111.

Selain itu Ha Hyeokjun pernah menjabat sebagai asisten pelatih timnas Myanmar senior dan U12 pada 2012/13
Dan dirinya juga pernah bekerja sebagai pelatih fisik klub Liga China, Beijing Beikong pada musim 2016/17.

Ha Hyeokjun juga pernah menjadi asisten pelatih di klub negaranya Suwon Samsung Bluewing di Liga Korea Selatan pada musim 2017/2018.

Baca Juga: BRI Liga 1: Terbukti Terlibat Suap Pertandingan 6 Tahun Silam, PSS Sleman Jalani Pengurangan 3 Poin dan Denda Rp150 Juta

Selain itu Ha Hyeokjun pernah menjadi pelatih kepala di Daegus National University pada musim 2019 hingga 2021.

Dan terakhir bekerja sebagai pelatih klub Liga Hong Kong, Resources Capital FC pada musim 2023.

Apa yang dilakukan oleh Laos sudah dilakukan oleh Indonesia dan Vietnam bahkan Malaysia, Indonesia dengan Shin Tae yong yang masih bertahan hingga sekarang.

Baca Juga: BRI Liga 1: Lilipaly Menggila, Borneo FC Gebuk Semen Padang FC

Vietnam pernah dilatih Park Hang seo yang membuat Vietnam cukup tangguh bahkan mendapatkan julukan Raja ASEAN dan terakhir Malaysia pernah ditangani Kim Pan Gon yang kini melatih klub Korea Selatan, Ulsan Hyundai  ***

Sumber: LFF

Berita Terkait