DECEMBER 9, 2022
Kesehatan dan Kuliner

Inilah Manfaat Buah Kiwi yang Kaya Nutrisi bagi Kesehatan Tubuh

image
Buah kiwi yang kaya akan nutrisi dan banyak manfaat bagi tubuh (pinterest)

SPORTYABC.COM – Siapa yang tidak kenal dengan buah kiwi, buah berukuran kecil seperti buah sawo yang berwarna coklat dan agak berbulu,  dengan rasa manis bercampur asam yang khas. 

Walaupun terbilang kecil ukurannya, buah kiwi memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak  dan menyediakan  beragam manfaat bagi  Kesehatan.

Kiwi berasal dari Tiongkok, lebih tepatnya dari lembah Sungai Yangtze. Nama asli buah kiwi  adalah "gooseberry Cina" sebelum  diperkenalkan ke Selandia Baru pada awal abad ke-20, di mana ia disebut "kiwi" sebagai penghormatan kepada burung nasional Selandia Baru.

Baca Juga: ORASI DENNY JA: Dibatalkannya RUU Pilkada dan Pentingnya Kompetisi Politik

Biji kiwi yang berwarna hitam dan kecil  sama lezatnya dengan kulitnya yang berwarna coklat, namun banyak orang yang suka mengupas kiwinya sebelum dimakan. Kiwi walaupun buahnya kecil akan tetapi, ia kaya akan nutrisi penting, seperti : 

Vitamin C : Kiwi merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik, bahkan lebih tinggi dari jeruk. Satu buah kiwi berukuran sedang dapat memenuhi lebih dari 100% kebutuhan vitamin C harian manusia, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, produksi kolagen, dan penyerapan zat besi.

Serat : Kiwi mengandung serat tingkat tinggi, baik  larut maupun tidak larut, yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur kadar gula darah.

Baca Juga: Mengandung Nutrisi dan Vitamin, Inilah Manfaat Apel untuk Kesehatan

Vitamin K : Kiwi juga mengandung vitamin K yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Vitamin E : Kiwi mengandung vitamin E,  antioksidan kuat yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Kalium : Kandungan potasium dalam kiwi membantu menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan otot dan fungsi jantung.

Baca Juga: Manuel Kaisiepo dalam Diskusi SATUPENA: Jakob Oetama Tokoh yang Gigih Mendukung Pandangan Mochtar Lubis tentang Manusia

Folat (Vitamin B9) : Kiwi mengandung folat yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin.

Antioksidan : Selain vitamin C dan E, kiwi juga mengandung antioksidan lain seperti polifenol yang membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Lutein dan Zeaxanthin : Kiwi juga mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang penting untuk kesehatan mata dan membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Inggris: Federico Chiesa Resmi Gabung Liverpool

Selain kaya nutrisi buah Kiwi pun banyak manfaat bagi kesehatan antara lain yaitu : 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh : Kandungan vitamin C yang tinggi menjadikan kiwi bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari penyakit.

Menjaga kesehatan pencernaan : Serat dalam kiwi membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan usus.

Baca Juga: Denny JA: SATUPENA Merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan Menulis Buku Bersama 40 Penulis dari Sumatra Sampai Papua

Mendukung kesehatan jantung : Kiwi dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penggumpalan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), yang semuanya baik untuk kesehatan jantung.

Meningkatkan kualitas tidur : Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kiwi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena kandungan antioksidan dan serotoninnya.

Menjaga kesehatan kulit : Antioksidan seperti vitamin C dan E yang terdapat pada buah kiwi membantu menjaga kulit tetap kencang, lembut dan sehat.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga Italia: Juventus Resmi Datangkan Nico Gonzalez dari Fiorentina

Kiwi dapat dimakan secara utuh dengan cara dipotong menjadi dua dan diambil dagingnya dengan sendok, atau dapat juga dikupas dan dipotong-potong untuk dicampur ke dalam salad buah, smoothies, atau sebagai topping makanan penutup.

Kiwi merupakan buah serbaguna yang dapat dinikmati kapan saja, di mana saja, serta memberikan rasa yang menyegarkan dan manfaat kesehatan yang luar biasa. ***

Penulis : Tias Atika Suri 

Sumber: Kemkes.go.id

Berita Terkait