DECEMBER 9, 2022
Kesehatan dan Kuliner

Inilah 12 Makanan dan Buah yang Kaya akan Karbohidrat Tinggi

image
Tanaman Soba (Fagopyrum) yang tengah mekar (id.russiaislove.com)

SPORTYABC.COM – selama ini karbohidrat memiliki reputasi buruk karena sering dihubungkan dengan penambahan berat badan, diabetes tipe 2 dan yang terkait dengan masalah kesehatan lainnya.

Itu menang benar bahwa makanan olahan makanan tinggi gula dan biji-bijian olahan sering kali kekurangan vitamin dan mineral penting.  

Namun, banyak juga makanan kaya akan nutrisi dan  serat yang sebenarnya  baik untuk kesehatan kita.

Baca Juga: Merambah ke Bisnis Kuliner, Kevin Sanjaya dan Vidi Aldiano Buka Restoran Jepang

Meskipun diet rendah karbohidrat mungkin bermanfaat bagi sebagian orang, tidak ada alasan untuk menghindari makanan  tinggi karbohidrat sepenuhnya. 

Berikut ini terdapat  12 makanan kaya karbohidrat yang baik untuk kesehatan kita : 

Quinoa

Baca Juga: Inilah Makanan Khas Cirebon yang Paling Banyak Dicari

Quinoa sangat bergizi serta dapat membantu meningkatkan pengelolaan gula darah dan mendukung kesehatan jantung.

Quinoa juga tinggi akan protein dan serat  sehingga dapat membantu menurunkan berat badan karena kedua nutrisi tersebut dapat menopang kita agar merasa kenyang lebih lama.

Gandum 

Baca Juga: Inilah 5 Camilan Khas Kuningan yang Paling Banyak Digemari ketika Berkunjung

Gandum menyimpan banyak nutrisi  bermanfaat, termasuk serat dan protein. Penelitian juga membuktikan bahwa mengonsumsi gandum dapat menurunkan  gula darah dan kolesterol.

Tanaman Soba

Soba sangat bergizi dan menyimpan lebih banyak antioksidan dan mineral dibandingkan biji-bijian lainnya.

Baca Juga: Inilah Proses Pembuatan Ketempling, Camilan Khas Kuningan

Soba tidak ada hubungannya dengan gandum dan tidak mengandung gluten. Menyantap soba dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mengatur kadar gula darah.

Pisang

Pisang kaya akan potasium, mineral yang berfungsi dalam mengatur tekanan darah. Pisang mentah juga mengandung pati resisten dan pektin yang keduanya dapat menambah kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Catatan Denny JA: Ayah, Semoga Abu Jasadmu Sampai ke Pantai Indonesia

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sumber vitamin A yang  baik, antara lain vitamin, mineral, dan antioksidan.

Buah Bit
Bit kaya akan vitamin, mineral, dan zat tumbuhan. Bit juga mengandung nitrat anorganik dalam jumlah besar, yang  meningkatkan kesehatan jantung dan  kinerja fisik.

Baca Juga: Catatan Denny JA: Ibu, Kukirim Nyawaku Padamu, Sampaikah?

Jeruk 

Jeruk adalah sumber serat makanan yang sangat baik. Jeruk juga mengandung banyak vitamin C  dan zat tanaman sehat lainnya.

Mengonsumsi jeruk dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan penyerapan zat besi dan mencegah anemia. 

Blueberry

Blueberry sangat sehat. Karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan, yang membantu melindungi dari kerusakan oksidatif.

Jeruk Bali

Jeruk Bali mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat. Buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Apel 

Apel mengandung sejumlah kecil vitamin C, antioksidan, dan senyawa tanaman. Memakan apel dapat meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan  beberapa jenis kanker.

Kacang merah 

Kacang merah mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Kacang merah yang dimasak juga merupakan sumber protein yang sangat baik dan  dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan.

Buncis 

Buncis merupakan sumber protein nabati yang sangat baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Mengonsumsi buncis telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung dan pencernaan serta kemungkinan pencegahan kanker.

Kesimpulannya bahwa adalah mitos jika semua karbohidrat buruk bagi kesehatan. Kenyataannya banyak makanan sehat yang tinggi karbohidrat. 

Namun, jika sedang melakukan diet rendah karbohidrat sebaiknya tidak menyertakan karbohidrat dalam jumlah besar.

Selain itu, karbohidrat olahan seperti roti putih dan pasta bisa menjadi tidak sehat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Akan tetapi,  karbohidrat  bergizi dan lezat juga dapat dinikmati sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan menyehatkan.***

Penulis : Tias Atika Suri
 

Sumber: healthline

Berita Terkait