DECEMBER 9, 2022
Kesehatan dan Kuliner

Terapkan Kebiasaan untuk Meningkatkan Kualiatas Tidur Anda

image
Ilustrasi tidur nyenyak (pixabay)

SPORTYABC.COM - Menerapkan kebiasaan tertentu, seperti menjaga jadwal yang konsisten dan membatasi paparan radiasi sebelum tidur, dapat meningkatkan kebersihan tidur  dan  kualitas tidur. 

Pernahkah kamu melihat ke langit-langit dan bertanya-tanya apakah kamu akan tertidur? Atau mungkin kamu terbangun dan berpikir bahwa sudah waktunya untuk bangun padahal masih jam 2 pagi?

Jika kamu membutuhkan tidur yang lebih baik, mungkin ini saatnya memikirkan kebiassan tidur kamu dan bagaimana kebiasaan yang mungkin menghalangi kamu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca Juga: Resmi, Joko Widodo Teken PP Kesehatan, Rokok Dilarang Jual Eceran

Mari kita bahas apa itu kebersihan atau kebiasaan tidur dan perubahan apa saja yang dapat dilakukan pada rutinitas siang dan malam  untuk meningkatkan kualitas tidur.

Apa itu kebersihan tidur?

Kebersihan tidur merujuk pada kebiasaan tidur  sehat, yang membantu  mendapatkan tidur malam yang nyenyak. 

Baca Juga: PP Kesehatan: Larangan Iklan untuk Produsen Susu Formula dan Beri Diskon

Kebersihan tidur yang baik  penting, karena tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental serta kualitas hidup  secara keseluruhan.

Perilaku pada siang hari  tidak hanya sebelum  tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur kita. Hal ini dapat mencakup: pilihan makanan dan minuman jadwal rutinitas malam hari Jika kurang tidur, ada beberapa langkah yang dapat diambil, pada siang hari dan sebelum tidur, untuk meningkatkan kualitas tidur kita.

Mari kita kenali lebih dekat cara untuk meningkatkan kebersihan tidur untuk tidur yang lebih nyenyak. 
Pertahankan jadwal tidur yang teratur 

Baca Juga: Inilah Menu Sehat dan Bergizi ala Warga Belanda

Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang  sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.  Hal ini akan memperkuat siklus tidur (jam internal) tubuh sehingga memudahkan untuk tertidur dan bangun setiap harinya. 

Menjaga jadwal yang konsisten juga dapat membantu mengurangi rasa kantuk di siang hari. Pastikan waktu tidur yang Anda pilih memungkinkan Anda  tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Ciptakan rutinitas sebelum tidur yang santai - dan patuhi rutinitas 

Baca Juga: Mengandung Nutrisi dan Vitamin, Inilah Manfaat Apel untuk Kesehatan

Rutinitas sebelum tidur yang santai membantu bersantai sehingga kita siap untuk tidur. Menjaga rutinitas tetap konsisten membantu tubuh kita mengenali bahwa ini adalah waktu tidur, ketika  memulai rutinitas tersebut.

Hal ini dapat membantu kita tertidur lebih cepat. Waktu terbaik untuk memulai rutinitas  adalah sekitar 30-60 menit sebelum  tidur.

Matikan perangkat elektronik sebelum  tidur 

Baca Juga: Inilah Manfaat Buah Kiwi yang Kaya Nutrisi bagi Kesehatan Tubuh

Perangkat elektronik seperti ponsel, memancarkan cahaya biru yang dapat mengurangi jumlah melatonin dalam tubuh. 

Hal ini mirip dengan bagaimana melihat sinar matahari dapat membuat kits merasa lebih waspada.  Melatonin adalah bahan kimia yang mengontrol siklus tidur/bangun kita.

Berolahraga secara teratur 

Baca Juga: Inilah 5 Camilan Khas Kuningan yang Paling Banyak Digemari ketika Berkunjung

Latihan aerobik selama 30 menit sehari dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Berolahraga di luar ruangan dapat memberikan manfaat lebih lanjut karena paparan cahaya alami membantu mengatur siklus tidur.

Batasi konsumsi kafein  

Efek kafein dapat bertahan 3 hingga 7 jam  setelah dikonsumsi. Artinya, secangkir kopi  sore hari dapat membuat manusia tetap terjaga dan waspada lebih lama dari yang kita inginkan. 

Meskipun sebaiknya membatasi konsumsi kafein  di pagi hari, ingatlah bahwa toleransi setiap orang  terhadap kafein berbeda-beda.

Kebersihan tidur melibatkan memiliki kebiasaan tidur yang sehat. Perilaku kita di siang hari dan sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur. 

Jika kamu sulit tidur atau sulit tertidur, kamu bisa mencoba beberapa strategi agar bisa tertidur lebih cepat  dan tetap tertidur berjam-jam.

Sebagian besar  strategi ini melibatkan peningkatan kebersihan tidur. Menaati jadwal, kebiasaan tidur yang nyaman, berolahraga secara teratur, menjaga kamar tidur agar tetap gelap dan pada suhu yang nyaman, serta memperhatikan apa yang kita makan dan minum semuanya dapat mempengaruhi kualitas tidur.

 Jika kamu terus mengalami kesulitan tidur atau insomnia, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter. 
Mereka dapat menentukan apakah ada kondisi mendasar yang menyebabkan masalah tidur  dan dapat memberikan perawatan yang mungkin kita perlukan.***

Penulis : Tias Atika Suri
 

Sumber: healthline

Berita Terkait