DECEMBER 9, 2022
Kesehatan dan Kuliner

Berikut ini 10 Suplemen Alami yang Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak

image
Ilustrasi tidur (Freepik)

SPORTYABC.COM – Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan Anda. Tidur dapat  membantu tubuh dan otak kita berfungsi dengan baik.

Tidur yang baik dapat membantu meningkatkan pembelajaran, memori, pengambilan keputusan, dan bahkan kreativitas.

Selain itu, kurang tidur  dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. 

Baca Juga: Inilah Menu Sehat dan Bergizi ala Warga Belanda

Walaupun begitu, banyak orang  tidak cukup tidur setiap malamnya, dan sekitar 20 persen orang dewasa kadang-kadang mengalami gejala insomnia.

Tidur yang baik seringkali dimulai dengan kebiasaan. Namun bagi sebagian orang, hal tersebut tidaklah cukup.

Ada Beberapa solusi alami yang dapat membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak, termasuk melatonin, magnesium, dan akar valerian. Akan tetapi, alat bantu tidur alami pun tidak dapat menggantikan kebiasaan tidur yang baik.

Baca Juga: Manuel Kaisiepo dalam Diskusi SATUPENA: Jakob Oetama Tokoh yang Gigih Mendukung Pandangan Mochtar Lubis tentang Manusia

Jika kamu memerlukan lebih banyak bantuan  untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, cobalah mempertimbangkan untuk mencoba 10 suplemen alami ini untuk meningkatkan kualitas tidur kamu, diantaranya yaitu :

Melatonin 
Ikhtisar suplemen melatonin dapat meningkatkan kualitas tidur bila dikonsumsi dalam dosis 3 hingga 10 mg. Suplemen ini  sangat membantu jika Anda menderita jet lag atau shift kerja.

Akar Valerian
Akar Valerian merupakan suplemen tidur, apabila dikonsumsi dalam dosis 300 hingga 600 mg, dapat meningkatkan kualitas tidur dan gejala gangguan tidur  setidaknya pada beberapa orang. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanan penggunaan jangka panjang.

Baca Juga: Denny JA: SATUPENA Merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan Menulis Buku Bersama 40 Penulis dari Sumatra Sampai Papua

Magnesium 

Magnesium memiliki efek relaksasi pada tubuh dan otak serta dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita. Sebagian besar penelitian menggunakan dosis antara 225 dan 729 mg per hari, namun kita tidak boleh mengonsumsi lebih dari 350 mg per hari kecuali diarahkan oleh ahli kesehatan.

Lavender

Baca Juga: Hilangnya Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 dan Kisah 4 Presiden Menurut Analisis Denny JA

Aromaterapi lavender dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi efektivitas dan keamanan suplemen lavender.

Passionflower 

Teh atau ekstrak passionflower mungkin membantu sedikit meningkatkan kualitas tidur pada beberapa orang. Namun, buktinya  beragam, dan beberapa penelitian tidak menemukan efek apa pun.

Baca Juga: Bersama Guru Besar Filologi, Oman Fathurahman, SATUPENA Akan Berdiskusi Mengenai Manfaat Naskah Kuno

Glisin

Mengonsumsi glisin tepat sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur Anda secara keseluruhan. Kebanyakan penelitian menggunakan  sekitar 3g yang diminum sebelum tidur.

Cannabidiol (CBD)

Baca Juga: Paus Fransiskus Berikan Salam Hangat kepada Prabowo Subianto

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa CBD dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala kecemasan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian  berkualitas tinggi.

Triptofan 

Sebuah pandangan terhadap empat penelitian menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya 1 gram triptofan per hari  meningkatkan kualitas tidur dan membantu seseorang menghabiskan lebih sedikit waktu  terjaga di  malam hari.

Ginkgo Biloba

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 240 mg ginkgo biloba 30 hingga 60 menit sebelum tidur dapat  mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, dan meningkatkan kualitas tidur. Kita juga bisa mengharapkan eksperimen pada hewan.

L-Theanine

Mengonsumsi suplemen  yang mengandung hingga 200 mg L-Theanine setiap hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi. 

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa suplemen ini mungkin lebih efektif bila dikombinasikan dengan GABA atau magnesium.

Secara umum, orang yang sedang hamil atau menyusui wajib dan harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba suplemen ini atau suplemen makanan lainnya. 

Magnesium, glisin, dan triptofan semuanya penting untuk perkembangan janin, dan kita tidak perlu menghindarinya jika kita sedang hamil atau menyusui. 

Namun, alangkah baiknya dokter harus memberi tahu Anda tentang dosis yang tepat untuk menghindari kemungkinan efek samping

Selamat mencoba

Penulis : Tias Atika Suri 
 

Sumber: healthline

Berita Terkait