DECEMBER 9, 2022
Kesehatan dan Kuliner

yuk, Kenali Perbedaan Vegan dengan Vegetarian yang Selama ini Dianggap Sama

image
Ilustrasi bahan makanan Vegan (freepik)

SPORTYABC.COM -  Istillah vegan dan vegetarian diasumsikan sebagai gaya hidup tanpa mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, misalnya daging dan ikan. Meski sering dianggap sama, vegan dan vegetarian memiliki beberapa perbedaan.

Vegetarian tidak mengonsumsi daging hewani seperti daging, unggas, atau ikan. Sedangkan  vegan adalah seorang vegetarian  ketat yang juga menghindari  produk hewani seperti susu, telur, dan produk hewani lainnya. 

Pola makan vegetarian ditemukan sudah ada sejak tahun 700 SM, berbagai jenis makanan dipraktekkan oleh individu karena alasan yang berbeda. Diantaranya seperti kesehatan, etika, lingkungan, dan agama.

Baca Juga: Resmi, Joko Widodo Teken PP Kesehatan, Rokok Dilarang Jual Eceran

Walaupun pola makan vegan masih baru belakangan ini, tetapi pola makan vegan telah mendapat banyak perhatian publik

Diet Vegetarian 

Menurut Vegetarian Society, vegetarian yaitu seseorang yang tidak mengonsumsi daging, unggas, hewan buruan, ikan, kerang, atau produk sampingan dari penyembelihan hewan.

Baca Juga: PP Kesehatan: Aturan Mengenai ASI Eksklusif yang Perlu Diketahui

Pola makan vegetarian mencakup berbagai  buah-buahan, sayuran, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Asupan produk susu, madu dan telur tergantung pada sifat makanannya.

Jenis vegetarian yang paling umum meliputi: 

Vegetarian lakto-ovo: vegetarian yang menghindari semua daging hewan, tetapi mengonsumsi produk susu dan telur 

Baca Juga: Inilah Menu Sehat dan Bergizi ala Warga Belanda

Vegetarian lakto: vegetarian yang menghindari daging hewan dan telur, tetapi mengonsumsi produk susu 

Vegetarian ovo: vegetarian yang menghindari semua produk hewani kecuali telur 

Vegetarian: vegetarian yang menghindari semua produk hewani dan produk turunan hewani. 

Baca Juga: Mengandung Nutrisi dan Vitamin, Inilah Manfaat Apel untuk Kesehatan

Orang yang makan ikan tetapi tidak makan daging atau unggas disebut  pescatarian, dan vegetarian paruh waktu sering disebut  flexitarian.

Pescatarian dan flexitarian terkadang dianggap  vegetarian, namun mereka tetap mengonsumsi daging hewani. Oleh karena itu, sebenarnya mereka tidak sesuai dengan pengertian vegetarian.

Diet Vegan 

Baca Juga: Inilah Manfaat Buah Kiwi yang Kaya Nutrisi bagi Kesehatan Tubuh

Pola makan vegan dapat dianggap sebagai bentuk vegetarianisme yang paling ketat. Veganisme saat ini diartikan Vegan Society sebagai pola hidup yang bertujuan untuk menghilangkan segala bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan sejauh mungkin.

Hal tersebut tergolong kedalam pemanfaatan untuk makanan dan tujuan lainnya. Pola makan vegan tidak hanya menghindari daging hewani, tetapi juga produk susu, telur, dan bahan turunan hewani lainnya.

Seperti gelatin, madu, carmine, pepsin, shellac, albumin, whey, kasein, dan beberapa  vitamin D3.

Baca Juga: Mengenal Latihan HIIT yang Dapat Pengaruhi Kalori Tubuh

Lantas apa perbedaan Vegetarian dan Vegan ?

Vegetarian dan vegan sering kali menghindari konsumsi produk hewani karena alasan yang sama. Perbedaan terbesarnya adalah seberapa banyak makanan hewani yang bisa mereka toleransi.

Misalnya, baik vegan maupun vegetarian dapat menghilangkan daging dari pola makan mereka karena alasan kesehatan atau lingkungan. 

Para vegan juga  menghindari semua produk sampingan hewani, yang mereka yakini memiliki dampak terbesar terhadap kesehatan dan lingkungan.

Dari sudut pandang etika, para vegetarian menolak pembunuhan hewan untuk dimakan, namun percaya bahwa konsumsi produk sampingan hewani seperti susu dan telur secara umum dapat diterima selama hewan tersebut dipelihara dalam kondisi yang baik.

Sebaliknya, para vegan percaya bahwa hewan mempunyai hak untuk bebas dari eksploitasi manusia, termasuk untuk makanan, pakaian, ilmu pengetahuan, dan hiburan. 

Oleh karena itu, mereka berusaha menghindari semua produk sampingan hewani, terlepas dari kondisi di mana hewan tersebut dipelihara atau dibesarkan.

Keinginan untuk menghindari segala bentuk eksploitasi hewan menjadi alasan para vegan menghindari produk susu dan telur, produk yang tidak menjadi masalah bagi  vegetarian.

Jadi sekarang sudah tahu dan bisa bedakan antara Vegetarian dan Vegan ? ***

Penulis : Tias Atika Suri 
 

Sumber: healthline

Berita Terkait