DECEMBER 9, 2022
Kesehatan dan Kuliner

Inilah Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

image
Ilustrasi pemeriksaan medis (Frrepik)

SPORTYABC.COM – Ini mungkin peringatan bagi kita semua tidak hanya bagi wanita namun juga pria pun dapat mengalaminya yaitu kanker payudara.

Kanker payudara adalah penyakit yang terjadi ketika sel-sel di payudara tumbuh secara abnormal dan tidak terkendali. 

Kanker payudara dapat terbentuk di kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak, atau jaringan ikat payudara.

Baca Juga: Waduh, 1,6 Juta Orang Sakit Setiap Hari karena Konsumsi Makanan yang Tidak Aman

Kemudian kerusakan DNA dan mutasi genetik bisa menyebabkan kanker payudara. Mewarisi mutasi pada gen tertentu, seperti BRCA1 dan BRCA2, juga dapat menambah risiko, begitu pula obesitas.

Ditambah gaya hidup  memainkan peran penting. Penelitian telah menghubungkan kebiasaan makan tertentu, termasuk merokok, paparan estrogen, asupan alkohol yang tinggi, dan pola makan barat yang kaya akan makanan olahan, dengan penambahan risiko kanker payudara.

Secara khusus, penelitian telah menghubungkan kebiasaan makan lain, seperti pola makan  Mediterania, dengan penurunan risiko kanker payudara. Selain itu, makanan tertentu juga bisa melindungi dari penyakit ini.

Baca Juga: Resmi, Joko Widodo Teken PP Kesehatan, Rokok Dilarang Jual Eceran

Berikut  12 makanan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara, serta beberapa makanan yang harus dihindari :

Sayuran Berdaun Hijau 

Contoh sayuran berdaun hijau yang mungkin memiliki khasiat antikanker seperti: Kangkung, arugula, bayam, sawi, dan lobak. 

Baca Juga: PP Kesehatan: Aturan Mengenai ASI Eksklusif yang Perlu Diketahui

Sayuran  hijau mengandung antioksidan karotenoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. 
Semakin tinggi kadar antioksidan  dalam darah, semakin rendah risiko terkena kanker payudara.

Sayuran Silangan

Sayuran silangan, seperti kembang kol, kubis, dan brokoli, dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. 

Baca Juga: Inilah Menu Sehat dan Bergizi ala Warga Belanda

Sayuran silangan berisi senyawa glukosinolat yang dapat diubah di dalam tubuh  menjadi molekul yang disebut isothiocyanates. Senyawa ini memiliki aktivitas antikanker yang signifikan.

Sayuran Allium

Bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang semuanya merupakan sayuran allium. Sayuran tersebut memiliki beragam nutrisi, termasuk senyawa organosulfur, antioksidan flavonoid, dan vitamin C. Sayuran ini memiliki sifat antikanker yang kuat.

Baca Juga: Mengandung Nutrisi dan Vitamin, Inilah Manfaat Apel untuk Kesehatan

Buah Jeruk 

Buah jeruk termasuk jeruk, jeruk bali, lemon, limau, dan jeruk keprok. Buah jeruk dan kulitnya mengandung banyak senyawa yang dapat melindungi dari kanker payudara, antara lain asam folat , vitamin C, karotenoid seperti beta-cryptoxanthin dan beta-karoten, serta antioksidan flavonoid seperti quercetin, hesperetin, dan naringenin. Nutrisi ini memiliki sifat antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi. 

Buah Beri

Baca Juga: Inilah Manfaat Buah Kiwi yang Kaya Nutrisi bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah beri secara teratur dapat mengurangi risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara. 

Antioksidan yang ditemukan dalam buah beri, seperti flavonoid dan antosianin, telah terbukti mencegah kerusakan sel serta perkembangan dan  penyebaran sel kanker.

Persik, Apel, Pir, dan Anggur Buah-buahan

Terutama buah persik, apel, pir, dan anggur, telah terbukti melindungi terhadap kanker payudara. 

Penelitian yang menganalisis data dari ratusan ribu wanita juga mengaitkan konsumsi apel  dengan penurunan risiko kanker payudara.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel dikenal karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Lemak omega-3, selenium, dan antioksidan seperti astaxanthin dapat melindungi tubuh kita dari kanker.

Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, miso, dan asinan kubis mengandung probiotik dan nutrisi lain yang dapat melindungi dari kanker payudara.

Kacang

Kacang kaya akan serat makanan, vitamin, dan mineral. Secara khusus, dapat melindungi terhadap kanker payudara karena kandungan seratnya yang tinggi.

Herbal dan Rempah-Rempah

Herbal dan rempah mengandung senyawa tumbuhan yang dapat membantu mencegah kanker payudara. Senyawa tersebut antara lain vitamin, asam lemak, dan antioksidan polifenol.

Biji-Bijian Utuh 

Biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, barley, quinoa, dan gandum hitam kaya akan nutrisi penting, termasuk serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Kenari 

Kenari memiliki banyak manfaat dan merupakan sumber lemak yang menyehatkan jantung seperti asam alfa-linolenat.

Pola makan pun harus terjaga dan sesuai dengan takarannya dalam mengurangi risiko kanker payudara serta menghindari beberapa hal sebagai berikut

Alcohol
Makanan cepat saji
Makanan yang digoreng
Daging olahan
Gula tambahan
Karbohidrat olahan

Secara keseluruhan, risiko kanker sangatlah kompleks namun tentunya dipengaruhi oleh pola makan. Pola makan bergizi yang kaya akan makanan seperti sayuran berdaun hijau, buah jeruk, dan ikan berlemak dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Penting juga untuk membatasi atau menghindari makanan dan minuman seperti alkohol, daging olahan, serta makanan dan minuman manis. 

Dan penting diingat bahwa pemeriksaan kesehatan rutin dan pemeriksaan kanker payudara sangat penting untuk deteksi dan diagnosis dini.***

 

Penulis : Tias Atika Suri
 

Sumber: healthline

Berita Terkait